Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]



Batu Cenneng merupakan dua buah batu berukuran besardan terletak di perbukitan yang berada di Desa Semaan. Keunikan yang terletak pada Batu Cenneng terletak pada suara yang dihasilkan saat dipukul, suara menyerupai suara yang tercipta dari pukulan  benda-benda yang terbuat dari logam. Dan setiap berpindah lokasi batu yang dipukul,maka suara yang dihasilkan juga berbeda, karena memiliki notasi atau tangga nada yang berbeda. Sehingga masyarakat sekitar memberi nama batu tersebut dengan “Bato Cenneng”.
Batu Cenneng oleh masyarakat Semaan juga digunakan sebagai tempat melaksanakan upacara adat “Poejian Toa”. Upacara adat ini dilakukan oleh anak-anak yang melakukan tarian sambil membacakan doa sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas karunia Sang Pencipta.
Untuk masuk ke wisata Batu Cenneng pengunjung tidak dikenai biaya retribusi, atau masih gratis. Hanya saja,  memang tempat wisata ini belum memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga sangat diperlukan campur tangan pemerintah untuk memajukan wisata ini. Sangat diharapkan pemerintah mampu membuat kebijakan sehingga wisata bato cenneng itu bisa lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]