Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Somber kaceng merupakan sebuah Somber air yang terdapat di Dusun Kaceng, Desa Semaan. Somber Kaceng merupakan penghasil air di desa Semaan. Kebanyakan warga mandi, mencuci baju, dan mencuci motor di Somber Kaceng.
Somber kaceng terdiri dari 3 kolam. Dimana kolam pertama digunakan untuk laki-laki, kolam kedua yang ada tutupnya digunakan untuk perempuan, dan kolam ketiga digunakan untuk memenuhi kebutuhan mencuci motor, memandikan sai dan mencuci yang lain selain baju dan mandi.
Terbentuknya Somber Kacceng tidak terlepas dari cerita dongeng rakyat, dimana tokohnya terdiri dari Kaleter, dan kedua belas bidadari.  Seperti cerita rakyat Jawa yang berjudul JakaTarub, Kaleter adalah versi Maduranya. Bedanya hanya, pada akhir cerita Kaleter telah dibawa ke khayangan dan entah kembali ke bumi atau tidak, soalnya tidak ada makam ataupun sekedar patilasan Kaleter di desa Semaan.
            Untuk fasilitas di Somber Kaceng sendiri, sebenarnya sudah ada kamar mandi, hanya saja tidak diisi air dan tidak rutin dibersihkan oleh warga. Kemudian, di sana belum disediakan tempat sampah, sehingga masih banyak warga yang membuang sampah seperti bungkus detergen, sabun mandi, dan bungkus peralatan mandi yang habis di dalam air maupun di sekitar Somber secara sembarangan.
            Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya sepersenpun alias gratis. Begitu juga parkirnya tidak diungut biaya. Setelah berkunjung ke wisata ini, jangan lupa nikmati sensasi makan pentol gaphik (pentol ikan laut yang digapit kemudian dibakar di atas kompor). Biaya untuk menikmatinya hanya cukup merogoh kocek Rp500,00 perpentol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]