Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]



Tong-tong merupakan salah satu kesenian musik yang pada saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat madura khsusunya. Seni musik tong – tong sering disebut Ul – Daul oleh masyarakat madura. Awalnya, musik tong-tong ini digunakan untuk membangunkan orang sahur pada bulan Ramadhan. Seiring berjalannya waktu, musik tong-tong sudah mengalami kemajuan. Alat utama dari musik tong-tong ini adalah kentongan. Tong tong dapat dibuat dari bambu ataupun dari kayu.
Di desa Semaan, kesenain musik tong-tong sangat kerap sekali dan masih berjalan sampai sekarang. Biasanya, di desa Semaan tong-tong ini dimainkan pada saat ngoddak dara ( menerbangkan burung merpati setiap sore ) yang biasanya mengiringi mereka di sawah.Seni musik ini semakin berkembang sehingga diadakan banyak Festival Musik Tong – tong di daerah sumenep. Musik ini cukup menarik, memiliki irama harmonis ketika dimainkan secara bersama. Seiring berjalannya waktu musik tong – tong semakin mendekati modern namun masih banyak yang memunculkan ciri khas tong – tong asli madura dan menggunakan alat tradisional. Seni Musik Tong-Tong, sejak beberapa tahun terakhir ini tampaknya menjadi fenomena baru dalam kontelasi musik lokal di Madura. Biasanya seni musik tong-tong ini diadakan di acara karnaval SD,SMP, maupun SMA.
Biasanya ketika dimainkan, diiringi dengan nyanyian yang dinyanyikan bersama-sama. Lagu-lagu yang dinyanyikan biasanya lagu-lagu madura, seperti Olle olang, pajjar lagghu, serta lainnya dan kadang pula dinyanyikan dengan lagu-lagu qosidah. Dengan perpaduan alat musik tersebut, pelaku seni musik tong-tong memiliki sejuta inspirasi untuk menciptakan alunan musik yang merdu, sehingga tidak heran jika orang yang mendengarkan musik tong-tong tersebut merasa terpukau.
Oleh karena itu, lestarikanlah kesenian musik tong-tong ini sampai turun temurun khususnya pemuda-pemuda di desa Semaan. Kesenian musik yang satu ini merupakan kesenian kebanggaan Masyarakat Madura, terbukti dengan adanya festival tong-tong di Sumenep. Tujuannya yaitu sebagai ruang bagi kesenian tong-tong dan untuk menjaga kelestarian kreatifitas sebagai karya musik tradisional Madura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]