Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Dari segi keamanan desa Semaan dapat dikategorikan dalam taraf aman, dikarenakan masyarakat dapat menganggap kepala desa sebagai seorang  yang dapat mengatur dan menjaga keamanan lingkungan desa. Selain kepala desa, menjaga keamanan juga merupakan tanggung jawab dari Bapak Apel. Setiap Apel memastikan keamanan setiap dusun, dengan cara mengkoordinasikan para ketua RT guna menjaga keamanan sekitar. Di desa Semaan memang tidak disediakan pos kamling, namun di setiap perkumpulan selalu ditempatkan di rumah kepala desa (Klebun).
Selain perangkat desa yang menjaga keamanan desa, warga desa juga ikut serta dalam menjaga keamanan. Dengan kata lain, dalam setiap komponen desa saling bekerja sama untuk menjaga keamanan, sehingga mampu menciptakan keamanan sekaligus kenyamanan di desa Semaan. Sedangkan dari pemerintah daerah sendiri telah membangun polsek di daerah Kecamatan Dasuk, dan markas kodim yang jaraknya bila ditempuh dengan kendaraan bermotor berkisar 15 menit.
Hal ini menunjukkan bahwa peran masyarakat guna menjaga keamanan dan ketertiban merupakan langkah preventif dan tindakan cepat dalam mengatasi berbagai kondisi rawan untuk mencegah dan memperkecil gangguan serta ancaman terhadap keamanan desa Semaan, sehingga kesiapan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam pamsa karsa sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]