Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


            Desa Semaan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep yang mempunyai luas administrasi ±340.054 Ha. Yang terbagi atas sawah dan tanah kering, dengan rincian:
1.      Sawah irigasi setengah teknis : 16.25             Ha
2.      Sawah Tadah hujan                 : 21.28             Ha
3.      Tegalan                                    : 224.89           Ha
4.      Pemukiman dan Pekarangan   : 39.66             Ha
5.      Lahan Perkebunan                  : 37.972           Ha.
Desa Semaan sendiri secara administratif terdiri dari 3 dusun, namun pada kebenarannya sebenarnya terdiri dari 4 dusun, hanya saja satu dusun (dusun Gunung) belum disahkan secara administratif. Ketiga dusun itu adalah :
1.      Dusun Kacceng
2.      Dusun Tengah
3.      Dusun Trebung Getteng
Sedangkan untuk batas wilayahnya desa Semaan sebelah barat berbatasan dengan Slopeng, sebelah Timur berbatasan dengan Kerta Barat, sebelah Selatan berbatasan dengan Batu Belah, dan sebelah Selatan berbatasan langsung dengan laut Jawa.
Adapun pola pembangunan lahan di desa Semaan sendiri lebih didominasi oleh kegiatan pertanian baik itu komoditas jagung, padi, cabai, tembakau, dan komoditas yang lain.  Di desa Semaan juga terdapat banyak sekali jambu biji yang belum dimanfaatkan warga secara maksimal. Di semaan juga masih terdapat komoditas kelapa yang dirasa masih berkembang cukup baik.
Pengolahan lahan di desa Semaan terdiri dari lahan untuk persawahan, perkebunan, lahan untuk pemukiman penduduk, dan lahan kosong. Karena itu, sebagian masyarakat desa Semaan berprofesi sebagai petani, lahan yang paling luas adalah lahan tegalan yang dimanfaatkan oleh penduduk sebagai lahan persawahan.  
Lahan untuk perkebunan merupakan lahan terluas kedua adalah lahan pemukiman dan pekarangan yang digunakan untuk membangun rumah warga ataupun sarana dan prasarana desa. Dan lahan terluas ketiga adalah lahan perkebunan, perkebunan desa Semaan merupakan perkebunan pohon jati.
Selanjutnya adalah lahan kosong yang tidak dimanfaatkan untuk pertanian ataupun perkebunan. Lahan tersebut juga tidak digunakan sebagai lahan untuk bermukim. Lahan-lahan tersebut kebanyakan ditumbuhi rumput-rumput liar dan nantinya rumput-rumput liar itu ditebas dan digunakan sebagai pakan ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]