Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Keadaan perekonomian masyarakat Semaan sebagian sudh dapat dikatakan pada taraf sedang sampai tinggi, meski seperti desa biasanya  memang masih ada yang berada pada taraf kekurangan. Untuk mengurangi angka kemiskinan di desa Semaan sendiri pemerintah daerah memberikan  program bantuan seperti bantuan penanganan biaya pendidikan semenjak lahir hingga lulus sekolah.
      Guna membantu perekonomian, pemuda desa Semaan yang orang tuanya tidak mampu membiayai ke perguruan tinggi kebanyakan dari mereka memang merantau ke luar desa Semaan. Bahkan ada pula yang merantau ke luar Madura, misalnya saja untuk yang lagi ngetrend saat ini adalah merantau ke Jakarta.
          Sedangkan untuk kaum lansianya masih mengandalkan potensi yang ada di desa Semaan untuk memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga. Potensi-potensi yang ada di desa Semaan misalnya saja:
a.       Pertanian
Meskipun di desa Semaan masih terdapat lebih banyak lahan kosong atau lahan yang belum dimanfaatkan yang , sektor pertanian adalah salah satu penyumbang perekonomian terbesar yang ada di desa Semaan. Kebanyakan masyarakat desa Semaan yang berusia lansia adalah berprofesi sebagai petani. Komoditas pertanian yang ada di desa Semaan adalah padi pada saat musim penghujan, jagung, tembakau, kacang, cabai, dan tanaman cabai jamu, dan masih banyak lagi yang menjadi komoditas penting pada sektor pertanian.
b.      Peternakan
Sektor pertanian kedua yang membantu perkembangan perekonomian di desa Semaan adalah peternakan. Terdapat sebagian warga yang menjadikan sektor peternakan ini sebagai sektor pembantu perekonomian. Binatang yang menjadi binatang ternak adalah  sapi, kambing, dan kuda.  Masyarakay biasanya menjadikan rumput-rumput liar yang tumbuh di sawah mereka sebagai pakan binatang peliaharaan mereka. Untuk peternak kuda di sini memang yang paling sedikit, karena itu fee  (upah) yang diperoleh untuk penyewaan lumayan mahal, berkisar Rp 500.000,- untuk karnaval atau pameran, sedangkan untuk di tepat wisata biasanya hanya Rp. 15.000,- .
c.       Usaha Perdagangan/Pertokoan
Selain laki-laki yang menopang sektor perekonomian,  perempuan juga membantu untuk tercukupinya perekonomian keluarga. Sektor perdagangan memang menjadi jawaban yang pasti akan hal ini. Karena di sektor ini bisa dilakukan di rumah atau tempat-tempat yang dekat dengan rumah.
Di sektor perdagangan terdapat beberapa sektor, misalnya saja pedagang bakso, penjual kebutuhan sembako, penjual nasi, pedagang sayur, pedagang rujak, pedagang pentol, penjual alat-alat sekolah, pedangan kebutuhan rumah tangga, pedagang kebutuhan alat-alat bangunan, dll.
d.      Perkebunan
Di sektor perkebunan, desa Semaan memiliki komoditas kelapa dan pohon jati yang hidup di lahan warga, lahan-lahan kosong, maupun di pinggir jalan. Pohon kelapa memang sangat subur di daerah Semaan, karena desa Semaan memiliki tanah dan iklim yang pas untuk ditanami pohon kelapa.
e.       Pekerjaan di Bidang Seni
Desa Semaan merupakan desa wisata dan seni. Di bidang seni terdapat beberapa yang bisa dijadikan profesi,misalnya menjadi pemain ludruk, penyanyi dangdut, penari topeng, penari tradisional, sutradara pementasan ludruk, dsb. Dari yang awalnya menjadi hobi, dapat dijadikan sumber ekonomi tambahan.
f.        Pariwisata
Keindahan alam desa Semaan juga dapat dijadikan sumber ekonomi masyarakat desa Semaan.  Misalnya saja, pantai slopeng yang sudah terkenal semenjak tahun 80-an, dan wisata baru yang sedang diangkat, batu cenneng, goa lai’ dan gua bini’, dan sumber kaceng.  Dengan adanya tempat wisata dapat menambah penghasilan desa melalui biaya retribusi yang dikenakan pada para wisatawan. Dan juga dapat menambah lapangan pekerjaan dengan berdagang di tempat wisata tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]