Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


            Pengairan yang kami maksudkan di sini adalah pengairan lahan sawah. Hal ini berguna untuk mengoptimalkan lahan-lahan pertanian dan perataan irigasi sekaligus untuk mendukung peningkatan produksi pertanian. Sehingga, dengan meningkatnya produksi pertanian dapat meningkatkan pendapatan.
Mengingat tanah yang ada di desa Semaan ini merupakan tanah yang kering dan memiliki kontur tanah yang tidak rata, untuk mengairi sawah pada saat musim penghujan penduduk desa Semaan menggunakan air hujan untuk mengairi sawah, dan menggunakan sumur bor, atau mengebor sumur di suatu tempat dan dialirkan menggunakan pipa paralon ke sawah masing-masing petani. Khusus untuk wilayah yang berada dekat di sekitar Sumber Kacceng maka pengairan sawah menggunakan air yang dialirkan dari Sumber. Hal ini dilakukan pada saat penggemburan tanah saja atau sebelum tanah tersebut ditanami. Menurut pengamatan kami, tidak ada satu petanipun yang menggunakan mesin diesel untuk mengairi sawah. Hampir semua menggunakan pipa untuk mengairi sawah karena banyak sungai yang tidak dialiri air ketika musim kemarau.
            Sedangkan untuk merawat tanaman, misalnya saja di dusun Kacceng, tanaman cabai disiram satu persatu menggunakan alat penyiram secara manual, atau diangkat dengan bahu dan disiramkan satu persatu ke tanaman cabai. Hal ini tentunya akan lebih merepotkan bila terjadi musim kemarau panjang.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]