Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


            Penggunaan air bersih yang ada di desa Semaan dapat dikatakan cukup memadai. Para penduduk tidak menggunakan PDAM untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.  Untuk kebutuhan air bersih penduduk desa Semaan menggunakan air yang berasal dari sumur bor buatan yang dialirkan ke kamar mandi masing-masing dan air yang berasal dari Somber Kacceng. Mengingat desa Semaan ini juga merupakan desa yang bersih, atau tidak tercemari oleh asap pabrik, atau polutan-polutan lain yang mengurangi atau bahkan merusak fasilitas air menjadikan air dari sumur bor masih bisa digunakan untuk mandi dan kebutuhan konsumsi.
            Pemakai air bersih di desa Semaan sebanyak ±725 Rumah tangga. Sedangkan untuk pengguna sumber air bersih dapat dilihat pada tabel di bawah :
No
Dusun
PAM/Ledeng
Sumur atau bor
1
Kacceng
-
3
2
Tengah
-
1
3
Terebun Getteng
-
2

Jumlah
-
6
                             Sumber data survey sekunder Desa Semaan, Januari Tahun 2015
            Meskipun setiap rumah mempunyai kamar mandi masing-masing, masyarkat dusun Kacceng lebih suka mandi di Sommber Kacceng. Bukan dikarenakan air bor kotor, namun dikarenakan kebiasaan yang sudah bersifat turun temurun dan akan dirasa canggung bila dilakukan di kamar mandi. Masyarakat biasanya mandi, mencuci pakaian, dan mencuci motor di Somber Kacceng.  Dengan adanya sumur bor dan Somber Kacceng dapat menghindarkan masyarakat desa Semaan dari kekeringan atau kekurangan air meskipun musim kemarau, selain itu pengairan sawah masyarakat desa Semaan dapat mengandalkan aliran air dari Somber Kacceng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]