Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Secara umum mata pencaharian warga masyarakat desa Semaan dapat teridentifikasi ke dalam beberapa bidang mata pencaharian, sepeti : petani, buruh tani, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Karyawan swasta, pedagang, Buruh harian lepas, dan wiraswasta yang secara langsung maupun tidak langsung hal tersebut memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian desa Semaan. Mayoritas masyarakat disana bermata pencaharian sebagai petani.
Berikut rincian profesi penduduk desa Semaan menurut data desa adalah:
No
Macam Pekerjaan
Jumlah
1.
Petani/Pekebun
1031
2.
Buruh Tani
56
3.
Pegawai Negeri Sipil
17
4.
Karyawan Swasta
1
5.
Pedagang
13
6.
Perdagangan
6
7.
Pensiunan
7
8.
Transportasi
6
9.
Konstruksi
-
10.
Buruh Harian Lepas
1
11.
Guru
15
12.
Nelayan
15
13.
Wiraswasta
52

Jumlah
1856
Sumber: data survey Desa Semaan Kecamatan Dasuk, Januari tahun 2015

            Adapun sarana prasarana pendukung kegiatan ekonomi yang ada di desa Semaan diantaranya:
1.      Koperasi Simpan Pinjam                    : 1 Unit
2.      Pasar Tradisonal                                  : 1 Unit
3.      Kelompok Simpan Pinjam                  : 3 Kelompok
4.      Usaha Angkutan                                 : 5 Unit
5.      Industri Rumah Tangga/Jahit/Meubel             : 2 Unit
6.      Usaha Tambak                                    : -
7.      Perdagangan/ Toko/ Kios/ Warung    : 20 Unit
8.      Kelompok Tani                                   : 13 Kelompok
9.      Kelompok Perikanan                          : -
10.  Usaha Jasa Servis Sepeda Motor        : 3 Unit
11.  Usaha Jasa Servis Elektronika            :6 Unit
Terdapat sebagian masyarakat desa Semaan yang merantau ke luar Madura. Untuk sekarang, yang lagi menjadi trend adalah di Jakarta. Kebanyakan yang merantau adalah masyarakat desa Semaan yang masih baru memasuki usia dewasa atau baru lulus Sekolah Menengah Atas. Kebanyakan alasan dari mereka yang merantau adalah ekonomi yang belum mapan, sehingga mereka mencari pekerjaan di wilayah lain. pekerjaan yang mereka geluti antara lain adalah sebagai penjaga toko, pekerja serabutan, berdagang, dll.
Masyarakat desa Semaan juga memanfaatkan sektor pertanian untuk dijadikan sebagai mata pencaharian. Terdapat banyak komoditi yang ada di desa Semaan, misalnya saja komoditi jagung, padi, cabai, terong, cabai jamu, dll yang tumbuh di persawahan desa Semaan. Di sepanjang jalan  juga terdapat banyak jambu mente berjejeran, biasanya panennya juga musiman. jambu mente tersebut hanya sebagai sampingan atau tambahan perekonomian mereka disana. Disana juga terdapat beberapa pohon asam di sepanjang jalan, masyarakat disana biasanya menjual asam yang sudah dikupas kulitnya. Sedangkan untuk memanfaatkan sisa lahan yang tersisa, biasanya oleh para petani ditanami rumput yang digunakan untuk pakan binatang ternak. Hal ini, seperti sekali mendayung dua pulau terlampaui, selain menjadi petani, masyarakat desa Semaan juga memiliki mata pencaharian sebagai peternak.
Wilayah desa Semaan juga berjarak dekat dengan laut. Oleh karena itu,terdapat penduduk yang menjadi nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk penghasilan nelayan ini tergantung pada hasil tangkapan, dan tergantung pula pada cuaca , dan gelombang laut.
Dan pada umumnya warga Semaan memang memiliki dua pekerjaan, khususnya yang memiliki pekerjaan yang tidak tetap. Misalnya, petani kadang-kadang kalau lagi sulit tanam mereka pergi ke laut untuk menangkap ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]